Langsung ke konten utama

Contoh Naskah Percakapan Ruang Kolaborasi Modul 2.3 Guru Penggerak

 

Nur Widayanti

CGP 9

SMP ISLAM ARRIDHO KOTA DEPOK


Skenario Ruang Kolaborasi Modul 2.3

BU Wiwid : Coach

BU Imal : Coachee

 

Naskah

BU IMAL : Assalamualaikum BU Wid

BU WID : Waalaikumsalam BU IMAL

BU IMAL : Apa Kabarnya BU Wid ?

BU WID : Alhamdulillah Baik

BU IMAL : Bu, bolehkah saya meminta waktunya? Saya mau bercerita tentang apa yang saya rasakan akhir-akhir ini di kelas

Tujuan (Coach menanyakan arah dari perbincangan dengan Coachee)

BU WID : Baik BU IMAL, apa yang mau BU IMAL ceritakan?

BU IMAL : Begini BU WID… akhir- akhir ini saya merasa murid-murid di kelas yang saya ajar kurang antusias saat pembelajaran di jam terakhir. Dan beberapa dari mereka terlihat mengantuk dan kurang focus, padahal saya sudah berusaha menghidupkan suasana

BU Wid : Jadi menurut BU Imal, apa yang BU Imal harapkan dari percakapan kita hari ini ?

BU IMAL : Saya mengharapkan solusi atas permasalahan saya tentang antusiasme murid-murid yang saya ajar pada jam terakhir

Identifikasi (Coach melakukan penggalian dan pemetaan situasi yang sedang dibicarakan, dan menghubungkan dengan fakta-fakta yang ada pada saat sesi)

BU WID : Menurut BU IMAL, hal apa saja yang membuat murid-murid BU IMAL kurang antusias dalam pembelajaran Bersama BU IMAL?

BU IMAL : Kalau saya ingat kembali, hal yang menyebabkan murid-murid saya kurang antusias adalah karena Pelajaran adanya dijam terakhir sehingga membuat mereka mengantuk dan kurang focus.

BU WID : Oh…begitu… kira-kira apa saja yang bisa Bu Imal buat agar murid-murid Ibu antusias dalam pembelajaran di jam terakhir?

BU IMAL : Menurut saya, murid-murid pasti menginginkan pembelajaran yang asyik, tidak monoton, tidak membosankan…

BU WID : Wah… saya sependapat dengan BU IMAL… Lalu menurut pendapat Imal, apa saja yang bisa membuat murid-murid asyik dan tidak bosan pada pembelajaran BU IMAL ?

BU IMAL : Menurut saya, pembelajaran harus terpusat pada murid, murid diminta untuk aktif dalam pembelajaran, kemudian adanya ice breaking, ataupun games supaya pembelajaran lebih menarik.

BU WID : Lalu BU IMAL, mengenai murid-murid yang mengantuk, apakah penyebabnya?

BU IMAL : Kemungkinan karena saya pembelajarannya menggunakan metode ceramah sehingga mereka hanya mendengarkan saja akhirnya mereka mengantuk

BU WID: Kalau boleh tahu,apakah  BU IMAL selalu menggunakan metode ceramah?

BU IMAL:  Tidak selalu si bu, tapi sering

BU WID : Kira-kira adakah metode lain yang ingin Ibu Coba?

BU IMAL : saya pikir banyak ya Bu, seperti bermain Games, Quiz dengan Host dari siswa, pembelajaran diluar kelas seperti  Jalan-jalan disekitar sekolah

BU WID : Nah… betul sekali BU IMAL… saya yakin sekali bila BU IMAL bisa menggunakan berbagai macam metode belajar pasti akan membuat murid-murid antusias dalam pembelajaran dan tidak mengantuk lagi di jam Pelajaran terakhir.

Rencana Aksi (Pengembangan ide atau alternatif solusi untuk rencana yang akan dibuat)

BU WID : Jadi sekarang apa rencana BU IMAL untuk untuk menyelesaikan masalah ini?

BU IMAL : yang pertama saya merancang pembelajaran yang mengasyikkan dengan menggunakan metode belajar yang beragam seperti bermain games, Quiz dengan Host dari Siswa dan melakukan pembelajaran diluar kelas seperi jalan-jalan disekitar sekolah. kemudian bentuk kegiatannya disesuaikan dengan minat dan bakat murid-murid saya, istilahnya saya akan melaksanakan pembelajaran diferensiasi, sehingga murid tidak terkesan dipaksa tetapi mereka memang senang dengan pelajarannya.

BU WID : bagus sekali rencana BU IMAL, mudah-mudahan rencana BU IMAL berhasil..

TAnggungjawab (Membuat komitmen atas hasil yang dicapai dan untuk langkah selanjutnya)

BU WID : Apa komitmen BU IMAL terhadap rencana ini?

BU IMAL : Saya berkomitmen untuk selalu membuat rencana pembelajaran yang mengasyikkan menggunakan banyak metode belajar untuk eksplorasi materi sehingga murid-murid saya dapat menjalankan merdeka belajar dan saya akan membuat murid-murid saya senang dalam kegiatan eksplorasi materi, tanpa ada unsur paksaan, dan menggunakan Games dan Quiz di pelajaran terakhir

BU WID : wah bagus sekali Imal… Saya sangat mendukung. Mudah- mudahan semua berjalan lancar dan sesuai harapan ya …

BU IMAL : terima kasih BU WID atas waktunya untuk sharing, mudah-mudahan kita semua bisa menjadi Guru yang selalu dirindukan oleh murid-murid kita ya…Aamiin… 

BU WID : Amiin


Berikut adalah Video Percakapan Ruang Kolaborasi Modul 2.3

https://youtu.be/KbRYIlDtVjA

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

DENAH LOKASI UPACARA DI ISTANA MERDEKA

 Pada Tahun 2023 Istana merdeka mengundang warga masyarakat untuk menyaksikan UPACARA PENGIBARAN dan PENURUNAN secara langsung, dengan cara mendaftar di https://pandang.istanapresiden.go.id/ pada tanggal 5 Agustus 2023. Sebanyak 16000 undangan terdiri dari 8000 PENGIBARAN dan 8000 PENURUNAN. Agar mengetahui posisi duduk peserta bisa melihat Denah lokasi perblok sebagai berikut : 

Kalender pendidikan 2025-2026 Jawa barat

DENAH LOKASI Sanghyang Indah Spa Resort